Pengertian Kerja Sama Dalam Bisnis

Share:

Kerja sama pada dasarnya menunjukkan adanya kesepakatan antara dua orang atau lebih yang saling menguntungkan.

Setiap orang di dunia ini tidak ada yang dapat berdiri sendiri melakukan segala aktivitas untuk memenuhi kebutuhannya tanpa bantuan orang lain. Secara alamiah manusia sebagai makhluk sosial melakukan interaksi dengan lingkungannya baik terhadap sesama maupun makhluk hidup lainnya.

Begitu pun dengan pelaku bisnis, tidak ada seorang pengusaha ataupun wirausaha yang sukses dan berhasil karena hasil kerja atau usahanya sendiri karena pastilah ada peran dari pihak lain.

Dengan kata lain, salah satu kunci sukses sebuah usaha adalah sukses dalam kerja sama usaha/bisnis itu sendiri.

Pengertian kerja sama dalam bisnis adalah suatu usaha atau kegiatan bersama antara perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama dalam bisnis.

Perlu adanya kerja sama antara satu orang dengan orang ataupun satu orang dengan kelompok usaha untuk mengikuti perkembangan dunia usaha dimana tingkat persaingan semakin tinggi dan semakin komplek.

Bentuk kerja sama dalam bisnis bukanlah hal baru, dari jaman dulu sudah banyak kerja sama dalam bisnis dengan tujuannya masing-masing.

Pada jaman sekarang banyak sekali bentuk kerja sama dalam dunia bisnis, antara lain : merger, konsolidasi, joint venture, waralaba atau franchise yang akan dibahas dalam artikel ini.

Sebuah perusahaan bekerjasama dengan perusahaan lain dalam kegiatan bisnisnya adalah untuk memperoleh keuntungan atau meningkatkan produktifitas perusahaan.

Maksud dan tujuan perusahaan melakukan kerja sama :
  • Ekspansi perusahaan
  • Peningkatan effiensi
  • mengurangi resiko persaingan
  • menjamin tersedianya pasokan atau penjualan dan distribusi.       

Tidak ada komentar